Joko Widodo ( PROFIL )

by Juni 08, 2017 0 komentar


Mendengar nama  Ir. Joko Widodo atau yang lebih akrab disapa Jokowi, kita pasti ingat dengan  seorang pemimpin yang memiliki  gaya yang khas suka blusukan. Beliau adalah presiden ke-7 Indonesia yang terpilih bersama wakil presiden Muhammad jusuf kalla dalam pemilu presiden tahun 2014.  Sebelum itu ia pernah menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta dan juga walikota dari kota Solo. Ketika menjabat sebagai walikota Solo pada tahun 2005 sampai 2010, beliau dikenal sebagai orang yang memiliki semangat orang jawa (spirit of java)  dimana ia mampu mengubah wajah dari kota Solo. Dari keberhasilannya itulah ia mulai banyak dikenal orang.
Gambar Presiden Jokowi sedang tersenyum (09/06).
Mobogine.com
Jokowi berasal dari keluarga sederhana, bahkan rumahnya pernah digusur sebanyak tiga kali .Beliau merupakan anak dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjiatmi. Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961. Beliau merupakan merupakan anak sulung dan putra satu-satunya dari empat bersaudara. Sebelum ia berganti nama, ia memiliki nama kecil Mulyuno. Ia menempuh pendidikan dasar hingga sekolah menengah di kota solo. Dengan kemmapuan akademis yang dimilikinya, beliau kemudianmelanjutkan pendidikannya di Fakultas Kehutanan Univertsitas Universitas Gajah Mada. Ketika menjalani masa kuliah beliau tidak memiliki prestasi yang menonjol. Setelah lulus, beliau tekun menjalankan usaha mebel yang telah lama dijalani keluarganya. Dalam waktu yang singkat usahanya tersebut berhasil dan menghasikan banyak keuntungan. Usaha ini membawanya bertemu Micl Romaknan dan yang akhirnya memberikan nama panggilan populer hingga saat ini, “Jokowi”. Dengan kejujuran dan usaha yang begitu keras, ia mendapat kepercayaan untuk berkeliling Eropa yang membuka matanya dalam perencanaan tata kota, menjadikan itu sebagai inspirasi tata kota  Solo dan menginspirasinya untuk memasuki dunia politik. Beliau ingin menerapkan kemimpinan yang manusiawi dan menciptakan kota yang ramah bagi penghuninya. dalam  Dan dalam waktu yang singkat usahanya tersebut berhasil dan menghasikan banyak keuntungan. Jokowi menikah dengan Iriana Solo pada tanggal 24 Desember 1986, dan diberkahi tiga  orang anak, yaitu Gibran Rakabuming Raka (1988), Kahiyang Ayu (1991), dan Kaesang Pangarep (1995) 
Karier politik Jokowi dimulai pada tahun 2005, ia menjabat sebagai walikota Solo. Dengan pengalaman yang didapatkan di masa mudanya, Ia mulai mengubah penataan kota yang buruk dan menghadapi berbagai penolakan masyarakat yang ingin ditertibkanya dengan melaui pendekatan-pendekatan yang “memanusiakan manusia”  dan kemampuan komunikasi politik Jokowi yang begitu berbeda dengan pemimpin-pemimpin sebelumnya, yang kemudian menjadikannya sebuah kajian riset mahasiswa pascasarjana Universitas Undiksha. Kemudian pada tahun 2012 ia diminta sebagai mencalonkan diri sebagai gubernur DKI Jakarta dan diusung oleh partai PDI-P. Tahun 2014, sosok wong cilik yang dikenal dengan gaya blusukannya ini secara resmi dilantik menjadi presiden Republik Indonesia ke-7. Ketika Jokowi dilantik sebagi presiden, banyak masyarakat yang ikut merayakannya. Tidak hanya dari tim suksesnya saja, melainkan kalangan bawah juga ikut merayakan pengangkatan presiden ke-7 ini didalam pesta demokrasi.

Presiden Jokowi menegaskan sikap politik untuk memimpin Indonesia dengan kekayaan manusia, budaya, pluralistic supaya tidak kehilangan arah dalam mengejawantahkan UUD dan makna pancasila ini tercermin dalam pernyataan beliau “Saya sebagai seorang Presiden juga harus punya ideologi jelas, apa itu? Berdaulat, berdikari dan berkepribadian. Ideologi kita sama, Pancasila, tetapi cara penerapannya berbeda. Ada yang lewat gerakan perubahan restorasi Indonesia, ada yang lewat cara cara lain. Seorang pemimpin baik di kota, kabupaten, gubernur provinsi, tingkat nasional, memimpin itu harus punya ideologi. Harus ada ideologinya. Tanpa itu kita tak punya arah


(ID, 0617)

Dewok

Developer

Tim Redaksi 2D adalah sekumpulan mahasiswa-mahasiswi jurusan Pendidikan Teknik Informatika yang penuh dengan imajinasi unik, dan mengharapkan imajinasi tersebut terwujud melalui karya tulis. Sebuah Karya tulis yang dapat merubah keadaan lingkungan sekitar, pola pikir dan pandangan ke arah yang lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar